Harga Asus Zenfone 5z Terbaru 2018, Kelebihan & Kekurangan

Advertisement

Harga Asus Zenfone 5z – Akhirnya Asus merilis smartphone flagship miliknya pada ajang World Mobile Congress 2018 yang berlangsung di Barcelona, yaitu sebuah smartphone bernama “Asus Zenfone 5z ZS620KL”. Smartphone ini mengusung beragam fitur canggih yang dipadukan dengan desain premium layaknya iPhone X. Bahkan dari segi desain terlihat sangat mirip dengan iPhone X, sehingga banyak orang yang menyebut Zenfone 5z sebagai versi Android dari smartphone flagship buatan Apple tersebut.

Desain Asus Zenfone 5z memang sangat premium. Namun Asus seakan-akan kurang inovasi dengan menghadirkan smartphone yang sangat mirip dengan kompetitornya. Mungkin hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar yang menginginkan smartphone bergaya iPhone X, namun dengan harga jauh lebih terjangkau. Yah, harga Asus Zenfone 5z jauh lebih murah dibandingkan iPhone X. Performanya juga tidak kalah, berkat spesifikasi hardware mumpuni yang dipadukan dengan software terbaru. Lalu berapakah harganya ?

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 5z

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 5z

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 5z

Desain Asus Zenfone 5z

Dimensi153 x 75.7 x 7.9 mm
Berat155 g
Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar6.3 inches, 1080 x 2246 pixels, 18.5:9 ratio (~402 ppi density)
Pelindung LayarCorning Gorilla Glass
Fitur95% DCI-P3 coverage

Spesifikasi Asus Zenfone 5z menggunakan layar berukuran 6.2 inci yang memiliki resolusi 1080 x 2246 pixels dan rasio sebesar 18.5:9. Alhasil smartphone ini memiliki kerapatan layar mencapai 402 ppi. Semua foto dan video akan terlihat jernih, karena layar tersebut menggunakan panel IPS (In-Plane Switching Display) yang menjanjikan 95% DCI-P3 coverage. Selain itu, layar Zenfone 5z telah dilindungi kaca Corning Gorilla Glass yang membuatnya tidak mudah pecah dan gampang tergores.

Walaupun harga Asus Zenfone 5z sangat mahal, namun smartphone ini belum dilengkapi kemampuan tahan air dan debu. Kemudian untuk diameternya memiliki bentang panjang 153 mm, lebar 75.7 mm, dan ketebalan 7.9 mm. Bodinya sangat tipis dengan bobot seberat 155 gram, sehingga memberikan kesan premium saat memegangnya. Nah yang paling menarik, Zenfone 5z memakai desain Notch yang membuatnya terlihat sangat mirip dengan iPhone X. Bedanya Notch Zenfone 5z dibuat lebih kecil dan tidak ada sensor pemindai wajah didalamnya.

Pada bagian belakang Zenfone 5z juga terpasang sensor pemindai sidik jari untuk meningkatkan sistem keamanan smartphone ini. Selain itu, Asus melengkapinya dengan fitur Face Unlock yang bisa dijadikan sebagai alternatif selain Fingerprint Sensor. Sayangnya fitur ini belum didukung sensor pemindai wajah, karena masih menggunakan kamera depan untuk memindai wajah pengguna Zenfone 5z. Alhasil sistem keamanannya jauh dibawah Samsung Galaxy S9 ataupun iPhone X yang menggunakan komponen hardware khusus.

Dapur Pacu Asus Zenfone 5z

Performa Asus Zenfone 5z

Performa Zenfone 5z

Memori Internal64 GB / 128 GB / 256 GB
Memori EksternalmicroSD, up to 400 GB
Ram4 GB / 6 GB / 8 GB
OSAndroid 8.0 (Oreo) / ASUS ZenUI 5.0
ChipsetQualcomm SDM845 Snapdragon 845
ProsesorOcta-core (4×2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630

Selanjutnya soal dapur pacu, Asus Zenfone 5z hadir membawa chipset generasi terbaru, yaitu Qualcomm SDM845 Snapdragon 845. Chipset tersebut berpadu dengan processor Octa Core 64-Bit yang memiliki konfigurasi Quad Core 2.4 Ghz Kryo 385 Gold dan Quad Core 1.7 Ghz Kryo 385 Silver. Lalu ada pula pengolahan grafis bertipe Adreno 630 yang membuat performa gaming Asus Zenfone 5z semakin powerfull. Semua game pasti bisa berjalan sangat lancar tanpa perlu adanya kendala lag.

Performanya sebanding dengan harga Asus Zenfone 5z yang mahal. Namun harga smartphone inia kan tergantung dari kapasitas memori yang dimilikinya. Pasalnya Asus menyediakan 3 varian berbeda yang mengusung Ram 4GB + Internal 64GB, Ram 6GB + Internal 128GB, dan yang tertinggi ditenagai Ram 8GB + Internal 256GB. Harga Asus Zenfone 5z Ram 8GB tentu sangat mahal, karena menawarkan performa multitasking dan mobile gaming lebih baik dibandingkan varian Ram 6GB atau Ram 4GB.

Tersedia slot memori ekternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 400GB. Sayangnya smartphone ini memakai slot sim hybrid, jadi sobat tidak bisa menggunakan microSD saat mengaktifkan fitur Dual Sim. Kemudian untuk bagian software memakai sistem operasi Android Oreo 8.0 yang dibalut antarmuka Asus ZenUI 5.0. Tersedia fitur yang sangat menarik, yaitu AI Boost. Fitur ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan performa gaming Zenfone 5z.

Kemampuan Kamera Asus Zenfone 5z

Kamera Zenfone 5z

Kamera Zenfone 5z

Kamera BelakangDual 12 MP (f/1.8, 24 mm, 1/2.55″, 1.4 µm, PDAF) + 8 MP (f/2.0, 12 mm, 1/4″, 1.12 µm), phase detection autofocus, gyro EIS, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan8 MP (f/2.0, 24 mm, 1/4″, 1.12 µm), gyro EIS, 1080p
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@60fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@240fps

Fitur lainnya adalah AI Charging yang berguna untuk meningkatkan kecepatan pengisian daya baterai dan membuat baterai semaki awet. Untuk kapasitasnya sendiri sebesar 3.300 mAh dan didukung charger berdaya 9V/2A 18W. Berbekal baterai yang awet, tentu kita tidak perlu takut kehabisan daya baterai saat berfoto selfie menggunakan kamera depan beresolusi 8 Megapixel. Menariknya, kamera tersebut telah dilengkapi Gyro EIS untuk menstabilkan rekaman video beresolusi Full HD 1080p@30fps.

Layaknya iPhone X, smartphone ini mengadopsi teknologi dual kamera dengan penempatan kamera yang hampir sama dengan iPhone X. Kedua kameranya terdiri dari kamera utama 12 Megapixel dengan aperture f/1.8 dan sensor berukuran 24 mm. Sedangkan kamera keduanya beresolusi 8 Megapixel dengan aperture f/2.0 dan sensor 12 mm. Asus mengoptimalkan kamera tersebut dengan fitur Phase Detection Autofocus serta penstabil video bertipe EIS dengan sensor Gyro didalamnya.

Fitur Konektivitas Asus Zenfone 5z

Fitur Zenfone 5z

Fitur Zenfone 5z

Sim CardDual SIM
InternetHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (5CA) Cat18 1200/100 Mbps
NirkabelWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot Bluetooth V5.0
NavigasiA-GPS, GLONASS, BDS
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lain-LainNFC, FM Radio
BateraiNon-removable Li-Ion 3300 mAh (Fast Charging)
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Kemampuan fotografi smartphone ini sangat baik, sehingga sebanding dengan harga Asus Zenfone yang mahal. Selain itu, tersedia pula fitur Dual Tone LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan saat mengabadikan momen dimalam hari. Kemudian soal merekam video, Zenfone 5z bisa menghasilkan video 4K 2160p@60fps dan video slow motion 720p@240fps. Tidak hanya unggul pada segi kamera, Zenfone 5z juga memiliki kelebihan pada sektor audio, karena telah dilengkapi Dual Speakers yang dioptimalkan oleh teknologi Hi-Res Audio serta DTS Headphone-X.

Fitur konektivitas Asus Zenfone 5z juga canggih. Smartphone ini telah mengadopsi Bluetooth v5.0 dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac. Selain itu, tersedia pula fitur NFC dan port USB Type-C yang membuat pengisian baterai semakin mudah dan cepat. Sedangkan untuk navigasinya mengandalkan GPS berteknologi A-GPS, Glonass, dan BDS. Kemudian untuk akses internetnya mendukung jaringan 4G LTE Cat18 dengan kecepatan mencapai 1.200 mbps dan upload 100 mbps. Nah berbekal semua fitur tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga Asus Zenfone 5z di Indonesia ?

Harga Asus Zenfone 5z

Harga Asus Zenfone 5z

Daftar Harga Asus Zenfone 5z Terbaru

Harga Asus Zenfone 5z BaruHarga Asus Zenfone 5z Bekas
  • Ram 8GB : –
  • Ram 6GB : –
  • Ram 4GB : –
  • Ram 8GB : –
  • Ram 6GB : –
  • Ram 4GB : –
Lihat Daftar Harga Asus Selengkapnya…

Untuk saat ini belum ada informasih lebih lanjut mengenai harga Asus Zenfone 5z di Indonesia. Kami yakin harganya cukup mahal, terutama untuk varian Ram 8GB yang kemungkinan bisa melebihi 9 Juta saat dipasarkan di Indonesia. Walaupun harga Asus Zenfone 5z sangat mahal, namun harganya jauh lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S9 yang sama-sama ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 845. Alhasil smartphone ini bisa menjadi pilihan utama selain smartphone flagship buatan Samsung, Apple, ataupun merek ternama lainnya.

Gambar Asus Zenfone 5z

Kelebihan Asus Zenfone 5z

  • Dapur pacunya sangat powerfull, berkat kinerja chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang dipadukan dengan Ram berkapasitas sangat besar
  • Berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.0 yang dipercantik antarmuka ZenUI 8.0 yang didalamnya tersedia beragam fitur untuk meningkatkan kemampuan Zenfone 5z
  • Mengadopsi layar bezel-less yang membentang seluas 6.2 inci dan dilindungi kaca Corning Gorilla Glass
  • Dilengkapi teknologi dual kamera yang bisa menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi
  • Kamera belakangnya sudah bisa merekam video 4K
  • Memiliki fitur konektivitas yang sangat lengkap dan dilengkapi konektivitas 4G LTE berekcepatan tinggi
  • Kemampuan audionya sangat baik dan sudah menggunakan speaker stereo

Kekurangan Asus Zenfone 5z

  • Harga Asus Zenfone 5z pastinya cukup mahal
  • Smartphone ini belum dilengkapi kemampuan tahan air dan debu
  • Desainnya terlihat mencotek iPhone X dengan notch di atas layar
  • Resolusi layarnya belum Quad HD
  • Memaki slot sim hybrid

Kembaran iPhone X ini menawarkan komputasi powerfull yang biasanya kita dapatkan pada smartphone flagship yang dibanderol melebihi harga Asus Zenfone 5z. Semoga saja harga Asus Zenfone 5z di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan negara lainnya, sehingga kita bisa merasakan sensasi menggunakan iPhone X, namun didalamnya memakai sistem operasi Android. Kami yakin smartphone ini akan sukses saat dipasarkan di Indonesia, karena Asus menawarkan segudang fitur yang siap memanjakan pengguna Zenfone 5z.

Advertisement